Selasa, 24 September 2013

Lowongan migas di Pertamina


Asset Management - Assistant Divestasi ( GADASMK303 )
Job Description
1. Menyusun analisis dasar terhadap aset termasuk pertanahan yang perlu didivestasi.
2. Berkoordinasi dengan Asset Utilization melengkapi dokumen untuk divestasi aset termasuk pertanahan atau melaporkan aset termasuk pertanahan yang bisa didivestasi dengan kondisi yang ada.
3. Menyusun, menganalisis dan melaksanakan konsep strategi perencanaan dan pengembangan pemanfaatan optimalisasi APU sehingga dapat berdaya guna dan memberikan manfaat optimal bagi perusahaan.
4. Menyusun, menganalisis dan melaksanakan kajian optimalisasi APU antara lain Studi Kelayakan, Highest and Best Used (HBU) Study, Rencana Induk Pengembangan(Master Plan).
5. Melakukan proses divestasi dengan cara penjualan untuk aset yang sudah tidak layak dan tidak digunakan lagi oleh fungsi operasi

Job Requirement
Pendidikan:M
- S1 Hukum / Ekonomi

Pengalaman:
- Minimal 5 tahun dalam bidang pengelolaan asset

Asset Management - Officer Land Certification- ( GADASM1301 )
Job Description
1. Mengevaluasi hasil identifikasi dan menganalisis pemasalahan tanah dalam rangka peningkatan status kepemilikan tanah milik Perusahaan.
2. Menyusun dan mengevaluasi perencanaan dan pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan peningkatkan status kepemilikan tanah Perusahaan.
3. Menyusun dan menganalisa perencanaan pelaksanaan kerjasama dengan instansi pemerintah / pihak lain dalam rangka peningkatan status kepemilikan tanah milik perusahaan.
4. Menganalisis dan mengevaluasi kegiatan pengadaan/akuisisi tanah yang dibutuhkan oleh Perusahaan.
5. Merencanakan, menganalisis dan mengevaluasi kegiatan Land Patrol guna memantau kondisi bidang-bidang tanah milik Perusahaan menjamin keamanannya, dan melaporkan hasil pantauan tersebut dalam bentuk laporan berkala atas hasil kegiatan Land Patrol.

Job Requirement
Pendidikan:
- S1 Hukum/Ekonomi

Pengalaman:
- Minimal 5 tahun dalam bidang hukum pertanahan

Asset Management - Senior Supervisor Contract & Monitoring ( GADASMK302 )
Job Description
1. Mengevaluasi penyusunan aspek bisnis pada klausul perjannan sewa APU dengan Fungsi Hukum berdasarkan prinsip best practices, mutual benefit, win-win solution sesuai regulasi yang berlaku.
2. Mengevaluasi pelaksanaan perjanjian sewa APU dengan mitra guna memastikan pemenuhan hak dan kewajiban sesuai kesepakatan.
3. Mengawasi pengumpulan dan pengadministrasian bahan, data dan informasi peraturan dan produk hukum internal maupun eksternal terkait optirnalisasi APU.
4. Mengawasi pelaksanaan tindakan yang diperlukan untuk menjaga loyalitas tenants optimalisasi APU antara lain melalui survey kepuasan bagi tenants guna mengetahui ekspektasi dan persepsi tenants sebagai pedoman penyusunan strategi perbaikan kinerja pada periode selanjutnya.

Job Requirement
Pendidikan:
- S1 Hukum

Kompetensi:
-Manajemen dan pengelolaan aset (Asset Management/Property Management, Business Management/Marketing Management)
- Penyelesaian sengketa pertanahan (Legal Property)
- Kajian optimalisasi aset antara lain Studi Kelayakan, HBU study, Master Plan, Market Research, Studi Penilaian Aset (Asset Valuation), Project management

Pengalaman:
- Minimal 5 tahun dalam bidang hukum khususnya contract drafting

Corporate Strategic Growth - Assistant Manager Financial Model ( PIMCSGK303 )
Job Description
1. Membuat, menyusun dan melaksanakan penilaian terhadap faktor lingkungan internal dan eksternal untuk positioning perusahaan dalam 5 tahun ke depan.
2. Membuat, menyusun dan melaksanakan sasaran strategis jangka panjang (5 tahunan) di tingkat korporat, unit bisnis dan anak perusahaan.
3. Membuat, menyusun dan melaksanakan perencanaan dan monitoring program kerja jangka panjang di tingkat korporat, unit bisnis dan anak perusahaan (RJPP) secara tahunan.
4. Membuat, menyusun dan melaksanakan kajian inisiatif investasi dan inisitiaf strategis untuk RJPP, termasuk kebutuhan pembiayaannya, serta dampaknya pada kondisi keuangan jangka panjang perusahaan.
5. Membuat, menyusun dan melaksanakan evaluasi kajian skema dan struktur model pengembangan untuk mendukung RJPP.

Job Requirement
- Usia min 30

Pendidikan:
- S1 Teknik/Ekonomi

Kompetensi:
- Financial Modelling
- Corporate Strategic Management
- Proses Bisnis
- Corporate Financing Optimisasi
- Budgeting
- Risk Management

Pengalaman:
- Memiliki pengetahuan, keterampilan&pengalaman di bidang planning&strategy management secara korporat,baik di institusi pemerintah maupun di industri minyak&gas nasional/internasional
- Memiliki pengetahuan,keterampilan & pengalaman implementasi di bidang planning & strategy management di unit bisnis/direktorat/anak perusahaan
- Pernah memegang project dengan menggunakan kaedah-kaedah project management yang berskala nasional maupun regional dengan berpedoman pada best practices lebih dari 10 tahun.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan pihak asing serta pengalaman negosia

Corporate Strategic Growth - Assistant Manager Gas & Infrastructure Strategic Planning ( PIMCSGK304 )
Job Description
1. Menganalisa faktor lingkungan internal dan eksternal bisnis gas dan infrastruktur operasi perusahaan untuk positioning perusahaan dalam 5 tahun ke depan.
2. Menyusun sasaran strategis dan formulasi strategi bisnis gas dan infrastruktur operasi perusahaan jangka panjang (5 tahunan) di tingkat korporat, unit bisnis dan anak perusahaan.
3. Menyusun RJPP, proses review dan Rolling Out RJPP bisnis gas dan infrastruktur operasi perusahaan secara tahunan.
4. Membuat rencana inisiatif investasi dan inisitiaf strategis bisnis gas dan infrastruktur operasi perusahaan termasuk biaya yang ditimbulkan serta revenue yang dihasilkan sesuai dengan RJPP.
5. Mengkaji skema dan struktur model pengembangan bisnis gas dan infrastruktur operasi perusahaan secara korporat untuk mendukung RJPP

Job Requirement
- Usia Minimum 30 tahun

Pendidikan:
- S1 Teknik/Ekonomi

Kompetensi:
- Memiliki keterampilan dan pengalaman di bidang planning dan strategy management secara korporat, baik di institusi pemerintah maupun di industri minyak dan gas nasional atau internasional
- Memiliki keterampilan dan pengalaman implementasi di bidang planning dan strategy management di unit bisnis / direktorat / anak perusahaan
- Pernah memegang project dengan menggunakan kaedah-kaedah project management yang berskala nasional maupun regional dengan berpedoman pada best practices lebih dari 3 tahun
- Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan komputer yang sangat baik

Pengalaman:
- Minimal 10 tahun pengalaman dalam bidang perencanaan, strategy development, pelaksanaan proyek-proyek

Corporate Strategic Growth - Assistant Manager Gas Project Investment ( PIMCSGK301 )
Job Description
1. Melakukan analisa kajian evaluasi/validasi & rekomendasi atas usulan investasi gas hilir utk proyek baru & eksisting yg di usulkan kembali dgn mengacu pada parameter keekonomian yg ditetapkan dgn fokus utama pada return yg optimal & tingkat risiko yg terkontrol berdasarkan pertimbangan ekonomi,teknologi,dampak lingkungan,analisa pasar,trend harga,lingkup proyek,nilai investasi serta faktor bisnis lainnya yg dapat mempengaruhi keputusan investasi.
2. Melakukan analisa kajian strategi gas hilir & struktur skema bisnis gas hilir utk kegiatan pengembangan bisnis yg melibatkan kerjasama dgn pihak lain,termasuk mengkoordinasikan evaluasi & penilaian calon partner berdasarkan hasil due diligence serta informasi lain yg tersedia sesuai dgn prosedur pemilihan partner yg telah ditetapkan


Job Requirement

Background Pendidikan:
- S2/S1 Teknik Industri/Teknik Perminyakan/Teknik Kimia/Teknik Geologi/Administrasi Bisnis/Manajemen

Kemampuan & Kompetensi:
1. Engineering Economic & Financial Analisis
2. Financial Analisis
3. Petroleum Economic
4. Business Development
5. Memiliki pemahaman dan pengalaman dalam mengevaluasi bisnis downstream

Pengalaman:
- Minimal 10 tahun pengalaman dalam Bisnis Downstream Oil & Gas

Enterprise Risk Management - Analyst Corporate & Portofolio Risk ( PIMERMK303 )
Job Description
1. Menyusun konsep strategi dan kebijakan semua aspek risiko secara portofolio, investasi dan pengembangan bisnis aset non operasi (baik hulu maupun hilir serta anak perusahaan dan afilisasinya) serta risiko perubahan regulasi dan compliance.
2. Menemukenali dan menguraikan risiko secara portofolio, investasi dan pengembangan bisnis aset non operasi (baik hulu maupun hilir serta anak perusahaan dan afilisasinya) serta risiko perubahan regulasi dan compliance yang melekat pada setiap aktivitas berdasarkan lingkup pengelolaan risiko yang telah ditentukan pada tahap sebelumnya.
3. Melakukan kajian mengenai kesesuaian risiko perusahaan terhadap risk appetite dan risk tolerance perusahaan.

Job Requirement
Pendidikan:
- S1 Teknik elektro/Teknik Kimia/Teknik Mesin/Teknik Perminyakan/Hukum/Statistik/Manajemen Keuangan

Kompetensi:
- Memahami proses bisnis hulu - hilir migas.
- Memiliki pengetahuan tentang portofolio usaha/bisnis.
- Memahami proses dan mekanisme pengusulan investasi.
- Memiliki pengetahuan tentang project management
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan baik (aktif baik lisan maupun tulisan)

Pengalaman:
- Minimal 6 tahun pengalaman dalam bidang perencanaan bisnis, manajemen resiko, hukum bisnis, portofolio & investasi

Enterprise Risk Management - Analyst Downstream Operational Risk ( PIMERMK302 )
Job Description
1. Merencanakan konsep kebijakan penanganan risiko stand alone dan portofolio yang mencakup kegiatan operasional (on-going business), investasi dan kehandalan aset di Direktorat Hilir, Anak Perusahaan Hilir dan afiliasinya.
2. Menemukenali dan menguraikan risiko stand alone dan portofolio yang mencakup kegiatan operasional (on-going business), investasi dan kehandalan aset di Direktorat Hilir, Anak Perusahaan Hilir dan afiliasinya berdasarkan lingkup pengelolaan risiko yang telah ditentukan pada tahap sebelumnya.
3. Melakukan kajian mengenai kesesuaian risiko perusahaan terhadap risk appetite dan risk tolerance perusahaan.
4. Menyiapkan dan menyampaikan laporan profil risiko yang meliputi kemungkinan dan analisa faktor penyebab serta ketidakpastian yang disebabkan oleh risiko.

Job Requirement
Pendidikan:
- S1 Teknik Eektro/Teknik Mesin/Teknik Perminyakan/Hukum/Statistik/Manajemen Keuangan

Kompetensi:
- Memahami proses bisnis hilir migas.
- Memiliki pengetahuan tentang portofolio usaha/bisnis.
- Memahami proses dan mekanisme pengusulan investasi.
- Memahami project management
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan baik (aktif baik lisan maupun tulisan)

Pengalaman:
- Minimal 6 tahun pengalaman dalam bidang operasi hulu migas, pelaksanaan proyek-proyek, portofolio & investasi

Enterprise Risk Management - Analyst Financial & Business Risk ( PIMERMK304 )
Job Description
1. Melakukan risk identification, risk assessment, dan risk treatment, serta monitoring terhadap tindak lanjutnya.
2. Membuat pedoman untuk menilai risiko finansial dan bisnis.
3. Memeriksa dan monitoring pelaksanaan mitigasi risiko, yang meliputi pendokumentasian risiko yang berada di dalam risk register, melakukan prioritas untuk risiko yang mendesak.
4. Melakukan kajian tingkat kesesuaian proyek dengan target Perusahaan sebagaimana tertuang dalam RKAP dan RJPP.
5. Melakukan perhitungan teknis dan perhitungan ekonomi untuk mendalami probabilitas risiko seperti kompetisi, perubahan kebijakan dan peraturan, diversifikasi, penawaran dan permintaan, siklus produk, harga komoditas, valuta asing, opportunity cost, biaya modal, dll.

Job Requirement
Pendidikan:
- S1 Manajemen Keuangan/Hukum/Teknik Elektro/Teknik Mesin/Teknik Perminyakan/Statistik

Kompetensi:
- Memiliki pengetahuan mengenai identifikasi risiko, penilaian risiko, strategi mitigasi risiko, metode, dan prosesnya.
- Memiliki pemahaman dalam hal statistical analysis.
- Memiliki kemampuan dalam analisa atas laporan keuangan.
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan baik (aktif baik lisan maupun tulisan)

Pengalaman:
- Minimal 6 tahun pengalaman dalam bidang perencanaan bisnis, manajemen resiko, hukum bisnis, portofolio & investasi

Enterprise Risk Management - Analyst Policy, Compliance & Legal Risk ( PIMERMK305 )
Job Description
1. Mengidentifikasi faktor-faktor risiko umum dalam risiko kebijakan, peraturan, dan risiko sebagai dampak dari kegiatan operasional, investasi (misalnya M & A, Anak Perusahaan / Joint Venture), pendanaan, transaksi, dan proyek ad-hoc dengan mereview aturan hukum, kontrak internal dan eksternal, referensi, kebijakan, dan peraturan.
2. Mengawasi risiko seluruh Perusahaan dan memetakan risiko serta pemilik risiko (risk owner).
3. Menilai potensi atas tingkat keparahan / dampak komersil / dampak hukum sebagai akibat dari kerugian.
4. Menyiapkan dan menyampaikan laporan profil risiko, yang meliputi probabilitas dan analisa faktor penyebab, serta ketidakpastian yang disebabkan oleh risiko.

Job Requirement
Pendidikan:
- S1 Hukum/Manajemen Keuangan/Teknik Elektro/Teknik Mesin/Teknik Perminyakan

Kompetensi:
- Memiliki pengetahuan mengenai hukum negara yang spesifik, ketentuan perundang-undangan, prosedur pengadilan, panduan, Peraturan Pemerintah, aturan-aturan dari badan pemerintah, kontrak, kebijakan internal dan eksternal.
- Memiliki kemampuan untuk merancang dan menyusun langkah penenerapan aturan & kebijakan dengan baik.
- Memiliki pengetahuan mengenai identifikasi risiko, penilaian risiko, strategi mitigasi risiko, metode, dan prosesnya.
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan baik (aktif baik lisan maupun tulisan)

Pengalaman:
- Minimal 6 tahun pengalaman dalam bidang perencanaan bisnis, manajemen resiko, hukum bisnis, portofolio & investasi

Please submit your application letter and resume to our official website : http://recruitment.pertamina.com
PT PERTAMINA (PERSERO) sama sekali tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen ini. Apabila ada oknum yang mengatasnamakan Pertamina dan menjanjikan sesuatu dengan imbalan tertentu, harap melaporkan kepada Contact Pertamina di telepon 500-000 atau email: pcc@pertamina.com

Lowongan Kerja Migas di PT Patra Badak Arun Solusi; 9 Positions

  LOWONGAN PEKERJAAN “KONTRAK PROJECT BASED” PT PATRA BADAK ARUN SOLUSI DIUTAMAKAN PENGALAMAN DI BIDANG OIL & GAS   I.  Project Manager ...